Menu

Penyakit Ketombe


Apa itu ketombe?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum terjadi, menyebabkan serpihan kulit mati pada kulit kepala dan dapat beragam dari ringan sampai parah. Dalam kasus yang sangat langka, ketombe dapat menyebabkan kerontokan rambut jika tidak terobati. Serpihan mungkin jatuh di atas bahu dan terkadang Anda mungkin merasa kering dan gatal. Ketombe biasanya tidak membahayakan kesehatan, tapi bisa menyebalkan dan memalukan.

 


Seberapa umumkah ketombe?

Ketombe umum terjadi dan lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Ketombe dapat mempengaruhi pasien dalam segala golongan usia. Ketombe mampu diatasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

 

.
Tanda-tanda & gejala
Apa saja tanda-tanda dan gejala ketombe?

Gejala ketombe mudah dilihat: serpihan kulit mati berwarna putih dan berminyak pada rambut, bahu, dan kulit kepala terasa gatal. Kondisi ini bisa memburuk selama musim gugur dan musim dingin, ketika panas di dalam ruangan dapat menyebabkan kulit kering, dan membaik selama musim panas. Cradle cap, sejenis ketombe, dapat mempengaruhi bayi. Kelainan ini mungkin terjadi pada bayi baru lahir, tapi mungkin juga muncul pada bayi yang lebih tua. Namun, cradle cap tidak berbahaya dan biasanya hilang sendiri.

 

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

 


Kapan saya harus periksa ke dokter?

Ketombe bukanlah masalah serius. Namun, jika sampo ketombe tanpa resep tidak manjur, atau kulit kepala memerah atau membengkak, Anda harus pergi ke dokter atau ahli kulit karena Anda mungkin mengalami dermatitis seboroik atau kondisi lain yang mirip dengan ketombe.

 


Penyebab
Apa penyebab ketombe?

Ada banyak alasan yang membuat Anda memiliki ketombe, termasuk:

    -Kulit yang mengalami iritasi dan berminyak (dermatitis seboroik): ini adalah salah satu penyebab ketombe paling umum dan menyebabkan kulit memerah dan berminyak yang tertutupi oleh sisik putih atau kuning.
    -Tidak cukup sering mencuci rambut: bila Anda tidak mencuci rambut secara teratur, minyak dan sel kulit dari kulit kepala bisa menumpuk, menyebabkan ketombe.


    -Jamur, disebut malassezia, hidup di kulit kepala pada kebanyakan orang dewasa. Dalam beberapa kasus, malassezia mengiritasi kulit kepala dan dapat menyebabkan lebih banyak sel kulit tumbuh.


    -Kulit kering: serpihan dari kulit kering umumnya lebih kecil dan kurang berminyak daripada penyebab ketombe lainnya. Selain itu, kulit memerah atau radang tidak mungkin muncul.


    -Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut: kadang-kadang sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut bisa menyebabkan kulit kepala merah, gatal, atau bersisik.

Faktor-faktor risiko


Apa yang meningkatkan risiko saya untuk ketombe?

Ada banyak faktor risiko ketombe, yaitu:

    -Usia: ketombe biasanya muncul pada masa dewasa muda dan berlanjut sepanjang masa paruh baya. Namun, bukan berarti bahwa orang dewasa yang lebih tua tidak mengalami ketombe. Terkadang, situasi ini bisa berlangsung seumur hidup.
    -Hormon pria: karena tingkat pria berketombe lebih tinggi daripada wanita, hormon pria dianggap menjadi penyebabnya.
    -Rambut dan kulit kepala berminyak: memiliki minyak kulit dan rambut berlebihan membuat Anda lebih rentan terhadap ketombe karena malassezia memakan minyak pada kulit kepala.
    -Orang dengan penyakit saraf macam penyakit Parkinson lebih mungkin mengalami dermatitis seboroik dan ketombe. Sama halnya dengan pengidap infeksi HIV, atau orang yang sistem kekebalan tubuhnya melemah karena kondisi lain.

Baca juga : Penyakit Cacar Air

 
Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.
Apa saja pilihan pengobatan saya untuk ketombe?

-Menggunakan sampo adalah pengobatan utama untuk menghilangkan ketombe. Ketombe serius lainnya bisa disembuhkan dengan sampo resep, krim steroid, atau krim antijamur.


Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk ketombe?

Dokter bisa dengan mudah mendiagnosis ketombe dengan melihat rambut dan kulit kepala.


Pengobatan di rumah
Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi ketombe:

    -Mencuci rambut setiap hari dengan sampo yang mengandung minyak pohon teh (tea tree oil). Anda tidak boleh menggaruk kulit kepala ketika menggunakan sampo, cukup memijat kulit kepala dengan lembut tanpa menggaruk, karena tidak akan merusak rambut atau kulit kepala. Ditambah lagi, Anda harus menghindari menggunakan produk rambut macam hairspray dan gel sampai ketombe hilang.


   

 

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.